Get paid To Promote at any Location

Minggu, 17 April 2011

Polusi Udara di Langit Makassar

Polusi udara adalah ancaman besar bagi bumi kita. Apakah anda mulai merasakan perubahan terhadap suhu bumi yang semakin hari semakin panas? daerah pegunungan yang dulunya dingin kini berubah menjadi semakin panas dan gerah, seolah-olah radiasi sinar matahari tidak tersaring lagi. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah polusi.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui dulu apa pengertian polusi itu sendiri. polusi adalah udara yang mengandung zat kimia dalam konsentrasi racun yang cukup tinggi. Hal ini jelas membahayakan bumi kita dan juga membahayakan kesehatan manusia.

Polusi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Kendaraan adalah penyumbang tertinggi dalam pembentukan polusi udara. Seperti yang kita ketahui, keadaan kota-kota besar di Indonesia semakin hari semakin meningkat jumlahnya, hal itu juga terlihat di jalan-jalan Kota Makassar.



Seperti gambar yang direkam di jalan Racing Centre disamping. Tumpukan kendaraan menyebabkan macet berjam-jam. Hasilnya, gas buang kendaraanpun semakin meningkat. Fenomena ini sering terlihat, bahkan tiap hari terlihat di Kota Makassar. Sangat menghawatirkan bukan?
Melihat fenomena tersebut, masyarakat mulai mengusung misi perawatan dan pemberdayaan lingkungan. Bersepeda merupakan alternatif yang menjadi opsi terbaik bagi masyarakat Makassar, saya juga yakin, di kota-kota lain di indonesia telah mempraktekkan hal serupa. hal ini dilakukan semata-mata untuk menghindari dan mengurangi produksi gas buang kendaraan.

Penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh polusi udara adalah:
Bronchitis kronika. Pengaruh pada wanita maupun pria kurang lebih sama. Hal ini membuktikan prevalensinya tak dipengaruhi oleh macam pekerjaan sehari-hari. Dengan membersihkan udara dapat terjadi penurunan 40% dari angka mortalitas.
Emphysema pulmonum.
Bronchopneumonia.
Asthma bronchiale.
Cor pulmonale kronikum.
Di daerah industri, Czechoslovakia umpamanya, dapat ditemukan prevalensi tinggi penyakit ini. Demikian juga di India bagian utara, penduduk tinggal di rumah-rumah tanah liat tanpa jendela dan menggunakan kayu api untuk pemanas rumah.
Kanker paru. Stocks & Campbell menemukan mortalitas pada non-smokers di daerah kota 10 kali lebih besar daripada daerah rural.
Penyakit jantung, juga ditemukan dua kali lebih besar morbiditasnya di daerah dengan polusi udara tinggi. Karbon-monoksida ternyata dapat menyebabkan bahaya pada jantung, apalagi bila telah ada tanda-tanda penyakit jantung ischemik sebelumnya. Afinitas CO terhadap hemoglobin adalah 210 kali lebih besar daripada O2 sehingga bila kadar CO Hb sama atau lebih besar dari 50%, akan dapat terjadi nekrosis otot jantung. Kadar lebih rendah dari itu pun telah dapat mengganggu faal jantung.
Kanker lambung, ditemukan dua kali lebih banyak pada daerah dengan polusi tinggi.
Penyakit-penyakit lain, umpamanya iritasi mata, kulit dan sebagainya banyak juga dihubungkan dengan polusi udara. Juga gangguan pertumbuhan anak dan kelainan hematologik pernah diumumkan. Di Rusia pernah ditemukan hambatan pembentukan antibodi terhadap influenza vaccin di daerah kota dengan tingkat polusi tinggi, sedangkan di daerah lain pembentukannya normal.

    0 komentar:

    Posting Komentar

     
    Copyright (c) 2010 makassarfornia. Design by WPThemes Expert
    Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.